Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis hal blog ini

Kamis, 10 Januari 2008

Musik

Alat Musik Tradisional Minangkabau

Eric Lomban Gaol Website:Alat Musik Tradisional Sumatera Barat,Posted by erik12127 di/pada 18 Juni, 2009

Tiap nagari di Minangkabau mengembangkan cara meniup saluang, sehingga masing-masing nagari memiliki style tersendiri. Contoh dari style itu adalah Singgalang, Pariaman, Solok Salayo, Koto Tuo, Suayan dan Pauah. Style Singgalang dianggap cukup sulit dimainkan oleh pemula, dan biasanya nada Singgalang ini dimainkan pada awal lagu. Style yang paling sedih bunyinya adalah Ratok Solok dari daerah Solok.

Sejarah Musik Minangkabau

Perkembangan Musik Minangkabau (artikel)

Pengembangan musik tradisional yang cenderung mengarah kepada penyesuaian keperluan apresiasi masyarakat masa kini yang dinamis dan perilaku yang serba cepat, maka pertimbangan pengembangan musik tradisional mengarah pula kepada penempatan dinamika musikal sebagai dasar disain dramatik penggarapan musik itu sendiri. Pengembangan seperti di atas telah banyak dilakukan oleh para seniman Minangkabau, yang mana para komponis-komponis itu menggarap konsep pengembangan musik tradisional yang disesuaikan dengan keperluan seni pertunjukan.

Pagelaran Musik: Jenis Musik Tradisi

Download Musik Nusantara dan Minangkabau

Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah,
lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-
macam sebagai berikut ini.
1.    Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar
2.    Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
3.   Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.
Musik Daerah Minangkabau (Sumatera Barat)
Musik yang terkenal adalah talempong. Instrumennya menggunakan alat musik daerah ini yang telah ditambah  ditambah dengan alat-alat musik barat, antara lain : alat musik tiup (saluang, bansi, serunai, puput batang padi, puput tanduk dan suliang), alat musik perkusi (gendang dol/gendang besar, ketipung, rebana, gandang sedang, talempong, dan gong/canang)
 


Laman yang Sering Dikunjungi