Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis hal blog ini

Minggu, 21 Juli 2013

Nasi Kapau Bukittinggi




Nasi Kapau adalah nasi ramas khas nagari Kapau, Sumatera Barat, terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), gulai babek (paruik kabau).[1] Nasi kapau standar selalu dilengkapi gulai nangka ciri khas nasi kapau.[2]

Peta: untuk mengetahui nagari kapau Bukittinggi,( klik ini )



Gulai nangka tidak menggunakan banyak santan dan tidak terlalu kental. Gulai dicampur kacang panjang, kol, rebung, pakis, dan jengkol. Di samping gulai nangka, hampir seluruh lauk nasi kapau terdiri dari masakan daging-daging. Gulai usus (gulai tambunsu) campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi (karena usus kerbau lebih keras), gulai ikan, gulai tunjang, ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado, goreng belut, dan sambal lado hijau. Lauk nasi Kapau lainnya berupa ayam goreng, ayam goreng hijau gulai ayam, rendang ayam, rendang daging. Beras nasi kapau harus bermutu tinggi, umumnya dikirim dari Bukittinggi dan Agam.[3]

Hal lain yang menarik adalah cara memajang makanan dibuat mudah dilihat pengunjung. Semua olahan makanan dengan jumlah dapat mencapai 20 jenis pilihan ditempatkan wadah besar kemudian disusun mengelilingi pedagangnya. Sampai-sampai diperlukan sendok lauk bertangkai panjang karena banyaknya sajian sehingga letaknya tak terjangkau sendok biasa. Begitu kita pesan satu piring Nasi, meskipun hanya memesan dengan satu jenis lauk dan satu jenis sayur, pedagang akan selalu menambahkan beberapa bumbu atau potongan kecil dari jenis lauk lain misal bumbu rendang atau remah gulai daging. Inilah bonus untuk dapat mencicipi masakan lain meskipun hanya diberi seujung sendok dari setiap olahan.
Cara unik lainnya untuk menikmati Nasi Kapau adalah tidak disajikan di piring dan dimakan ditempat, tetapi pesan secara rames dibungkus kemudian disantap kemudian setelah sampai di hotel. Nasi Kapau yang dirames akan tercampur dengan berbagai bumbu akan semakin terasa nikmat karena bumbu-bumbu sebagian sudah meresap ke sebagian nasi yang kita santap.

Pedagang Nasi Kapau

Salah satu tempat makan yang menyajikan makanan ini adalah Nagari Kapau letaknya sekitar lima kilometer dari Bukittinggi, disuga dari sinilah asal tradisi nasi kapau ini

Di Jakarta, pedagang nasi kapau berjejer di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Beraneka macam kue serta lauk khas Minang seperti gulai tunjang, rendang, ayam panggang, dan ikan bakar. Mereka juga menyediakan hidangan penutup seperti lemang dan bubur kampiun.

Gambar: diantara  menu utama sambal nasi kapau

Di Bukittinggi, pedagang nasi kapau berada di Pasar Bawah. Uni-uni (ibu-ibu) berdagang nasi kapau di dalam panci besar yang disusun-susun. Panci-panci terlalu jauh dari jangkauan tangan mereka sewaktu melayani pembeli sehingga sendok gulai bertangkai panjang dari tempurung kelapa digunakan untuk menyendokkan gulai ke piring makan pembeli.

Bahan Bacaan

Abna, Hidayati (21 April 2008). "Nasi Kapau "Nan Mangimbau-imbau"". Antara News Indonesia, One Click Away!. Diakses 2009-06-30.
Habsari, Rinto; Intarina Hardiman (2007). Info boga Jakarta. Gramedia Pustaka Utama. ISBN 9-7922-2860-8.







[1] Abna, Hidayati (21 April 2008). "Nasi Kapau "Nan Mangimbau-imbau"". Antara News Indonesia, One Click Away!. Diakses 2009-06-30.
[2]  Habsari, Rinto; Intarina Hardiman (2007). Info boga Jakarta. Gramedia Pustaka Utama. ISBN 9-7922-2860-8.
[3] Abna, Hidayati (21 April 2008). "Nasi Kapau "Nan Mangimbau-imbau"". Antara News Indonesia, One Click Away!. Diakses 2009-06-30.

Laman yang Sering Dikunjungi