FOTO BUKITTINGGI LAMA

Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis hal blog ini

Senin, 02 Maret 2009

Inyiak (Harimau) di Kampung Pisang

Penggalian batu atau tambang batu ini terletak di jalan bukitinggi -maninjau tepatnya di perbatasan antara desa bukit gadang dan desa panta kab Agam Sumatera Barat.

Kawasan ini cukup sunyi karena tepat dikawasan pertambangan ini tidak ada rumah penduduk, hanya ditumbuhi semak-semak di tepi jalan dan perbukitan yang ditumbuhi pohon pinus.

Pertambangan ini terletak disebelah kiri jalan dari arah Kota Buittinggi kurang lebih  9 km. Kawasan ini cukup ramai dilalui pada hari minggu oleh para remaja yang berpasangan, karena jalan ini adalah jalan alternatif menuju puncak lawang.

Menurut orang-orang  tua di panta, penggalian batu ini ditungggui oleh harimau atau warga panta menyebutnya 'inyiak'. Inyiak bukani  harimau biasa tetapi harimau penunggu atau jadi-jadian. Jika malam hari bulu kuduk kita reflek berdiri bila melewati kawasan ini, hal ini sudah saya buktikan, karena saya tinggal dipanta dan saya sering pulang malam.

Banyak kejadian aneh yang dialami olehOra og-orang maupun- teman saya yang lewat malam hari di kawasan pertambangan ini, hal itu membuat saya takut untuk lewat di kawasan ini, namun apa boleh buat tiap minggu saya harus melewati kawasan ini pada malam hari karena pulang dari padang selalu malam. Teman-teman saya banyak gak berani pulang malam sendiri,karena takut .

 Kejadian-kejadian aneh yang di alami oleh orang-orang yang lewat dikawasan ini bermacam-macam; ada yang melihat cewek berpakain marapulai (pakaian adat minang untuk merayakan pernikahan) di rumpun bambu dimana kakinya terbalik,jari kakinya dibelakang dan tumitnya didepan ini dialami oleh tukang kerupuk yang berjalan kaki pada malam hari di kawasan ini.. Hii....sungguh menyeramkan.

 jujur bulu kuduk saya berdiri pas menulis ini, ada yang melihat dua  buah cahaya atau mata di atas pohon pinus pas diatas penggalian batu tersebut,anehnya yang melihat hanya teman saya yang berbonceng motor,sedangkan yang membawa motor tidak melihat, ada juga yang mendengar suara orang menghardik..'Hoy',ada juga yang dikejar oleh cahaya dari kawasan pertambangan itu hingga jarak 50 m dan cahaya itu tiba-tiba menghilang, hal ini dialami oleh teman saya yang habis main domino di panta, dia pulang ke rumahnya harus melewati jalan itu sendiri pake motor.

Pernah sauatu malam ban motor saya kempes, bensin habis pas dikawasan pertambangan ini, jalan sungguh gelap dan sunyi, orang-orang  lewat pun tidak ada, ya terpaksa saya dorong motor dengan penuh rasa takut, untuk sampai ke panta saya harus menempuh jarak kira-kira 2km.

Namun Alhamdulillah saya tidak ada mengalami kejadian aneh sampai di panta.selama saya pulang malam Alhamdulillah saaya belum pernah mengalami dan tak ingin mengalami kejadian aneh di kawasan ini.so..bagi yang lewat malam dikawasan ini disarankan untuk mengklakson, dan jangan takabur.

SumberCerita: http://pampeg.blogspot.com/2010/06/pangalian-batu-bukik-gadang-panta-di.html

Laman yang Sering Dikunjungi