Dr.
Erizal Gani, M.Pd. (FBSS UNP Padang)
Awal kalam mulo rundiangan
Salam ta’zim dari ambo
Sidang saminar jaweklah tangan
Dalam batin salam tarimo
Ampun sagalo niniak mamak
Nan gadang basa batuah
Kok salah maaf pabanyak
Nan khadim hanyo lah Allah
Ambo nan indak cadiak pandai
Alemu di Tuhan tasimpannyo
Kok senteang tolong dibilai
Tandonyo kito sa andiko
I. Hantaran Kajian
Persoalan tentang
wanita dengan segala seluk-beluknya, selalu menarik untuk dibicarakan. Makalah ini juga akan
membicarakan perihal wanita tersebut. Hal-hal yang akan diuraikan dalam makalah
ini adalah ungkapan-ungkapan bahasa Minangkabau yang menginformasikan perilaku
wanita Minangkabau yang tidak pada
tempatnya. Orang Minangkabau sering menyebut perilaku yang tidak pada
tempatnya itu dengan sumbang atau cando.
Apakah yang dimaksud
dengan sumbang?, Apa-apa sajakah yang sumbang bagi wanita Minangkabau?, dan
nilai-nilai pendidikan apakah yang tedapat dalam perilaku yang sumbang itu?
Jawaban aneka pertanyaan inilah yang akan dibahas dalam artikel ini. Sebagai
sebuah pengantar, mungkin pembahasan terhadap pertanyaan di atas tidaklah
memuaskan. Sungguhpun demikian, penulis tetap berharap ada sesuatu yang
diperoleh dari artikel ini. Semoga kerja baik ini, menjadi ilmu yang
bermanfaat, Amin.
II. KAJIAN
A. Wanita dalam
Pandangan Adat Minangkabau
Minangkabau merupakan salah satu
kebudayaan dari ratusan kebudayaan yang ada di Indonesia. Sebagai salah satu
kebudayaan (daerah), kebudayaan Minangkabau merupakan penyangga kebudayaan
nasional. Artinya, kebudayaan Minangkabau telah mampu memberikan kontribusi
yang siknifikan bagi tumbuh kembangnya kebudayaan Indonesia.
Berbicara tentang
Minangkabau tidaklah begitu “mengasikkan” bila tidak disinggung perihal wanitanya. Hal ini disebabkan karena
salah satu hal yang unik dari keudayaan Minangkabau adalah perlakuan adat
terhadap wanita. Adat Minangkabau
memempatkan wanita sebagai sesuatu yang istimewa, sesuatu yang memiliki
nilai-nilai utama. Keutamaan yang diberikan adat tersebut dapat berupa keistimewaan-keistimewaan
dalam hal materil dan moril. Dari sisi materil,
keistimewaan itu adalah dalam bentuk hak waris harta (pusaka tinggi) yang jatuh
kepada kaum wanita. Untuk pusaka rendah pun (hasil jerih payah ayah dan ibu),
wanita Minangkabau tidak akan tertelantarkan.
Artinya. untuk kebutuhan kehidupannya dari sisi harta, wanita
Minangkabau tidak akan pernah mengalami kekurangan, apalgi kelaparan. Dari sisi
moril, keistimewaan itu adalah dalam bentuk hak jawab garis keturunan (suku).
Di Minangkabau gelar kesukuan diambil menurut garis ibu. Dua keistimewaan di
atas sangat berbeda dengan kebudayaan-kebudayaan lain yang ada di Indonesia,
bahkan dunia.
Di Minangkabau, bila suatu keluarga tidak
memiliki anak perempuan, maka keluarga tersebut dianggap sebagai keluarga yang
“memunahkan” keturunan. Artinya, keluarga tersebut dianggap tidak mampu
melahirkan generasi penerus yang akan menjawab warisan, baik warisan harta
pusaka (tinggi) maupun warisan kesukuan. Dalam kondisi seperti ini, alamat
punahlah keturunan, hilanglah suku keluarga tersebut. Segala apa yang telah
diusahakan oleh para pendahulu (ninik-mamak) akan menjadi sia-sia dan akan
beralih ketangan orang lain. Sekaitan dengan ini, Parpatih (2002) menggambarkan
keadaan tersebut sebagai berikut
Di Minangkabau,
padusi dituah dimuliakan. Bangso diambiak dari padusi. Nyampang tiado anak
padusi, alamaik putuih katurunan, Punah suku datuak tabanam harato bapindah
katangan urang. Sabek sawah ladang, hutan jo gurun, rumah gadang, lumbuang
bapereang, warihnyo kapadusi.
Selain dari sisi materil. Dari sisi moril pun
wanita Minangkabau mendapat kedudukan yang baik. Kehormatan dan martabat
kewanitaannya dilindungi oleh setiap anggota kaumnya, bahkan oleh kaum yang
lain. Wanita Minangkabau tidak akan dibiarkan tercela oleh kaumnya. Susah,
senang, hina, dan malu seorang wanita Minangkabau akan dirasakan oleh pihak
kaumnya. Kaum tidak akan membiarkan wanita Minangkabau mendapat cela dan
melakukan perbuatan tercela. Bagi anggota kaum. kehormatan wanita kaumnya (bundo kanduang) adalah segala-galanya
dan harus dipertahankan dengan cara apapun. Sekaitan dengan ini, pituah adat
mengatakan.
Hino mulia suatu kaum
tagantuang dek nan padusi. Tuak parang bisa badamai, tikam bunuah dibari maaf,
rabuik rampeh dilimaui. Tapi, kok padusi diagiah malu, jando diguguang urang
tabang, gadih tapakiak dalam samak, mako tatutuiklah sagalo pintu damai,
tasintak sagalo kaum, jago suku, bangun dubalang, disiko nan cadiak kapakaro,
nan bagak kamalalahan, nan kayo tajun jo harato. Pendeknyo, malu masti
tabangkik. Kama hanyuik kama dipinteh, walau ka dalam lauik basah. Dima hilang
dima dicari, bia ka suduik-suduik bumi. Tak lalu dandang di aia di gurun
kaditajakan, jiko ndak mungkin di nan
lahia, di batin dilaluan.
Penghargaan dan
perlakuan adat yang istimewa terhadap perempuan Minangkabau ini merupakan salah
satu ciri khas utama kebudayaan Minangkabau. Sangat jarang kebudayaan lain yang
seperti ini. Kalau toh ada, dinamika penghargaan tersebut tidaklah sama dan anggota
populasinya tidaklah besar, bahkan hampir punah. Sistem perkawinan atau
keturunan menurut garis ibu (matriakhat atau matrilinial) ini menurut Malinouwski (dalam Kemal, 1971: 65)
juga terdapat di Afrika (Rhodesia Utara), India
Selatan (bagian Bengalore), dan
dikepuluan Trobriana (sebelah timur pulau Irian).
Walaupun kaum wanita Minangkabau
mendapatkan perlakuan yang baik menurut adat, ia tidak dapat berbuat sekehendak
hatinya. Justru perlakuan yang istimewa itulah, yang membuat sangat banyak
aturan dan tatakrama yang harus dipenuhi
wanita dalam mempertahankan kemuliaan martabat yang dilimpahkan adat kepadanya.
Artinya, wanita Minangkabau harus menyadari keistimewaan yang diberikan adat
kepadanya dan berbuat, bertutur, dan berpikir sesuai dengan kemuliaannya tersebut. Budi dan bahaso merupakan dua indikator yang
sering dijadikan acuan bagi kemuliaan seorang wanita Minangkabau. Sangat banyak
pepatah, petitih, dan pantun yang menggambarkan kedua hal ini, misalnya:
Budi baiak baso katuju, muluik manih kucindan
murah. Dibagak urang ndak takuik, dikayo urang ndak arok, dicadiak urang ndak
ajan, dirancak urang ndak ingin, di budi urang takanai. Sasuai bak bunyi
pantun, Babelok babilin-bilin, dicapo tumbuahlah padi, dek elok urang tak
ingin, dek baso luluahlah hati. Nan kuriak Lundi , nan merah sago, nan baiak
budi, nan indah baso.
B. Sumbang dan Wanita Minangkabau
Sangat banyak nuansa pendidikan yang dapat
meningkatkan budi dan bahasa kaum wanita Minangkabau. Salah satu diantaranya
adalah dengan menjauhi hal-hal yang sumbang,
jangga, atau cando. Yang dimaksud dengan sumbang dalam tulisan ini
adalah segala sesuatu yang tidak pada tempatnya. Ketidakpadatempatannya ini
dapat dalam bentuk perbuatan, perkataan, atau pemikiran. Jika disimak dengan
lebih dalam, akan terlihat begitu banyak nilai-nilai pendidikan yang terdapat
pada hal-hal yang sumbang itu. Muara dari semua adalah budi dan bahasa.
Beberapa hal yang dianggap sumbang yang harus
dijauhi oleh wanita Minangkabau adalah sumbang (1) duduak, (2) tagak,
(3) jalan, (4) kato, (5) caliak, (6) makan, (7) pakai, (8) karajo, (9) tanyo, (10) jawek, (11) gaua, dan (12) kurenah.
Kasumbangan terhadap 12 point tersebut biasanya diungkapkan dengan pituah-pituah
tertentu yang mengandung makna. Berikut
ini akan diuraikan ungkapan-ungkapan yang bernada sumbang bagi wanita
Minangkabau (Parpatih, 2002).
1.
Sumbang Duduak
Duduak sopan bagi padusi iolah
basimpuah, bukan baselo co laki-laki, apo lai mancangkuang, batagak lutuik.
Nyampang duduak di kurisi, bae manyampiang, rapekan pao arek-arek. Jikok
bagonceang, usah mangkangkang abih-abih, manjajokan dicaliak urang.
2.
Sumbang Tagak
Usah panagak tantang pintu atau
janjang turun naiak. Ijan panagak ditapi labuah kalau ndak ado nan dinanti.
Sumbang tagak jo laki-laki apo lai bukan muhrim, kunun lai barundiang-rundiang.
3. Sumbang Jalan
Bajalan musti bakawan, paliang
kurang jo paja ketek. Usah bajalan bagageh-gageh, malasau, mandongkak-dongkak
Bajalanlah bak siaganjua lalai, pado pai suruik nan labiah. Alu tataruang
pantangnyo patah, samuik tapijak indak nan mati. jikok bajalan jo laki-laki, malangkahlah di
balakang. Usah maampang jalan waktu bajalan sasamo gadang.
4,
Sumbang Kato
Bakatolah jo lamah lambuik. Duduakan
hetong ciek-ciek nak paham mukasuiknyo. Ijan barundiang bak murai batu, bak aia
sarasah tajun. Jan menyolang kato rang tuo,
dangakan dulu sudah-sudah. Jan manyabuik kumuah wakatu makan, manyabuik mati
dakek sisakik. Kurang elok, indak tapuji maminta utang di nan rami.
5.
Sumbang Caliak
Kurang taratik urang padusi,
pamana pancaliak jauah, pamadok arah balakang,
pamatuik diri surang. Nyampang pai ka rumah urang, pajinak incek mato, jan malanja sapanjang
rumah. Usah pancaliak jam, wakatu ado
tamu. Ijan panantang mato rang jantan, aliahan pandangan ka nan lain, manakua
caliak ka bawah.
6.
Sumbang Makan
Usah makan sambia tagak, kunyah kenyoh
sapanjang jalan. Nyampang makan jo tangan, ganggam nasi jo ujuang jari, bao ka
ateh lambek-lambek, usah mangango gadang-gadang. Nyampang makan jo sendok, agak-agak malah dahulu, nak
jan balago sendok jo gigi. Ingek-ingek dalam
batambuh, kana-kana manyudahi.
7.
Sumbang Pakai
Jan babaju sampik jo jarang, buliah ndak nampak rasio
tubuah, apo lai tasimbah ateh bawah nan ka tontonan rang laki-laki. Satantang
mode jo potongan, sasuaikan jo bantuak tubuah, sarasikan jo rono kulik, sarato
mukasuik ka di tuju, buliah nak sajuak dipandang mato.
8.
Sumbang Karajo
Kakok karajo rang padusi iolah
nan ringan jo nan alui, sarato indak rumik-rumik. Cando padusi mambajak sawah,
manabang, jo mamanjek. Jikok ka kantua,
nan rancak iyo jadi guru.
9.
Sumbang Tanyo
Barundiang sasudah makan, batanyo
salapeh arak. Sangeklah cando, tanyo tibo ikua di ateh. kasa Usah batanyo di
indak mambali. Nyampang tasasek karantau urang
ijan batanyo bakandak-kandak. Buruak muncuang dijawek urang, cilako juo
kasudahannyo.
Simak dulu dalam-dalam, baru tanyo
jaleh-jaleh.
10.
Sumbang Jawek
Jaweklah tanyo elok-elok, usah
mangandang mamburansang. Jan asa tanyo bajawek, kunun kok lai bakulilik.
11.
Sumbang Bagaua
Usah bagaua jo laki-laki kalau awak
surang padusi. Jan bagaua jo paja ketek, main kalereang jo sepak tekong, kunun kok lai semba lakon.
Paliharo lidah dalam bagaua, iklas-iklas dalam manolong, nak sanang kawan ka awak.
12.
Sumbang Kurenah
Kurang patuik, indaklah elok babisiak sadang
basamo. Usah manutuik hiduang di nan rami, urang jatuah awak tagalak, galak
gadang nan bakarikiakan. Bueklah garah nan sakadarnyo, buliah ndak tasingguang
urang mandanga. Jikok mambali durian, usah kuliknyo ka laman urang. Paliharo
diri dari talunjuak luruih kalingkiang bakaik, nan bak musang babulu ayam.
C.
Nilai-nilai pendidikan pada Ungkapan-ungkapan tentang Sumbang
Jika diperhatikan secara seksama, akan
terlihat bahwa kedua belas sumbang yang dikemukakan di atas, tidak ada yang
tidak mengandung nilai-nilai pendidikan. Sangat banyak hal yang dapat
dipelajari darinya. Beberapa nilai pendidikan yang dapat ditarik dari sumbang
tersebut adalah sebagai berikut.
1.
Menanamkan kesadaran bagi seluruh wanita Minangkabau
bahwa dalam hidup ini ada hal-hal yang tidak pada tempatnya. Hal yang tidak
pada tempatnya itu berada dihampir setiap dinamika kehidupan, misalnya dalam
hal duduk, berjalan, berbicara, dan lain-lain.. Kesadaran ini perlu bahkan
harus dipahami dan dimiliki setiap wanita Minangkabau agar setiap gerak
kehidupannya selalu berterima (katuju dek
urang). Semaua itu adalah dalam rangka mengemban kemuliaan adat yang diberikan
kepadanya
2.
Menanamkan
nilai-nilai penghargaan atau harga-menghargai. Wanita Minangkabau harus mampu
menghargai dirinya sendiri dan apa yang ada disekitarnya. Apapun bentuknya, wanita
Minangkabau harus pandai mensyukuri dan menghargai keberadaan tubuhnya (aurat).
Aurat mesti dijaga, karena ia dapat
mendatangkan cela Janganlah aurat itu dipertontonkan, apalagi
diperjualbelikan. Baju kuruang merupakan pakaian yang sangat tepat untuk
menghargai keberadaan tubuh seorang wanita Minangkabau. Itulah sebabnya
pakaian, pekerjaan, dan tingkah lakunya harus mampu menutupi aurat itu.
Penghargaan yang sama juga harus diberikannya kepada apa yang ada disekitarnya,
misalnya karib kerabatnya. Ia harus pandai bertanya dan menjawab tanya, bersikap baik kepada orang lain, dan mampu
menyesuaikan diri dengan kondisi
disekitarnya. Jika wanita
Minangkabau tidak memiliki sikap harga menghargai ini, maka ia akan tersisih
dalam pergaulannya. Ia merupakan sasaran empuk gunjingan orang. Kemampuan
menghargai ini sangat erat kaitannya dengan nilai lebih yang diberikan adat
kepadanya. Sekali ia tidak dapat menghargai dirinya sendiri maka orang lain
tidak akan menghargainya. Hal ini tentu akan menurunkan nilainya sebagai wanita
Minangkabau yang bermartabat.
3.
Menanamkan
nilai-nilai perlindungan atau lindung-melindungi. Seperti yang telah
dijelaskan, hina perempuan Minangkabau adalah hina kaumnya. Oleh sebab itu, ia
harus mampu melindungi diri dari hal-hal yang dapat mendatangkan kehinaan itu.
Perlindungan itu dapat dalam bentuk memperhatikan pakaiannya, cara bergaulnya,
cara berbicaranya, dan tindak tanduknya. Melindungi aurat merupakan hal utama,
sebab ia dapat dilihat dan memotivasi niat jahat laki-laki. Tutur kata dan
perilaku pun harus diperhatikan, sebab ia dapat membuat orang tersinggung. Hal
ini akan lebih buruk bila orang yang tersinggung itu melakukan pembalasan yang
dapat mencelakakan. Kemahiran melindungi diri ini merupakan wujud dari sikap ingek
sabalun kanai, pinteh sabalun hanyuik. atau
sikap hati-hati dan antisipatif.
4.
Menanamkan
nilai-nilai malu. Malu harus menjadi “pakaian” setiap wanita Minangkabau. Ia
harus malu bila setiap perbuatan dan pemikirannya tidak sesuai dengan adat
istiadat, di luar alur dan patut. Oleh sebab itu, wanita Minangkabau harus
mampu meletakan sesuatu pada tempatnya. Segala sesuatu harus diperlakukan
secara adil, bak pinang pulang ka tampuak, cando siriah baliak ka gagang.
Bila tatanan yang sangat alamiah ini dilanggar, akan timbulah jangga, ujungnya
adalah menuai malu. Malu dan aib ini tidak hanya dia yang akan merasakannya,
tetapi juga kaumnya. Agar tidak membuat malu, harus dihindari penyebab
datangnya malu tersebut.
5.
Menanamkan
etika cara bergaul atau bersosialisasi. Sasakik, sasanang, saiyo sakato
adalah salah satu filosofi orang Minangkabau dalam berkawan. Mereka harus saciok
bak ayam, sadanciang bak basi dalam segala hal. Agar hal yang seperti itu
dapat diujudkan maka rasa dan cara berkawan yang baik itu harus dimiliki wanita
Minangkabau. Tutur kata dan kurenah merupakan hal yang harus
diperhatikan. Dengarkan apa yang dikatakan teman, kemudian berilah balikan dengan arif dan lemah lembut.
Pandai-pandailah memilih teman, sebab teman dapat membawa kita kepada hal-hal
yang bermanfaat atau mudarat.
6.
Menanamkan
nilai-nilai hormat menghormati. Hormat merupakan sifat yang sangat terpuji.
Sifat ini harus dimiliki oleh wanita Minangkabau dalam setiap dinamika
kehidupannya. Menghormati orang lain
berarti menghormati diri sendiri. Rasa hormat itu harus selalu
ditumbuhkembangkan. Ia dapat dipupuk dengan meminimalkan hal-hal yang janggal,
baik janggal terhadap diri sendiri, maupun terhadap orang lain, lebih-lebih
kepada orang tua. Kato nan ampek (kato
mandaki, kato manurun, kator mandata, dan kato malereang) adalah salah satu
bentuk perilaku berbahasa yang memiliki makna hormat menghormati dan harga
menghargai.
7.
Menanamkan
nilai-nilai sopan santun. Wanita Minangkabau harus memiliki sopan dan santun. Sopan
santun termasuk salah satu “pakaian kebesaran” wanita MInangkabau. Agar hal itu
dapat diujudkan, segala sumbang di atas harus dihindari, terutama sumbang
berbicara dan sumbang kurenah.
Tujuh
hal di atas merupakan sebagian dari sekian banyak nilai-nilai pendidikan yang
dapat ditarik dari hal-hal yang sumbang.
Dengan nilai-nilai itu diharapkan wanita Minangkabau dapat mempertahankan
keistimewaannya selaku pewaris kebudayaan matrilinial yang unik, yaitu
kebudayaan Minangkabau..
Bahwa sumbang
merupakan sesuatu yang tidak patut dan perlu dihindari, tidaklah perlu
dipertentangkan. Bahwa sangat banyak pengajaran yang dapat ditarik dari hal-hal
yang janggal, juga tidak perlu dipertanyakan.
Mungkin hal yang perlu dipikirkan adalah
bagaimanakah cara kebudayaan Minangkabau itu medidik kaum wanitanya agar
tidak berbuat sumbang.
Selama ini, secara
umum proses pendidikan menurut adat Minangkabau adalah berguru kepada alam “alam
takambang jadi guru”. Sangat banyak
kata-kata bijak adat-istiadat Minangkabau yang menginformasikan bahwa
alam sangat berarti bagi masyarakat Minangkabau sebagai sarana untuk belajar.
Dalam hal ini, yang dimaksud dengan alam tersebut dapat berupa tumbuhan, hewan,
orang, benda, peristiwa, fenomena, pemikiran, lokasi, dan lain-lain. Dari
hal-hal tersebutlah orang Minangkabau belajar, melakukan olah rasa dan olah
karsa, sehingga butir-butir ilmu dan
nilai diperolehnya sebagai bekal bagi kehidupannya.
Sekaitan dengan
manusia, proses pendidikan yang sering dilakukan adalah dalam bentuk memberikan
ketauladanan, musyawarah, nasehat, dan
lain-lain. Ketauladanan adalah segala
sesuatu yang patut ditiru. Ketauladanan ini dapat dalam bentuk perbuatan,
pemikiran, pengetahuan, sikap, kematangan emosional, cara
bergaul/bersosialisasi, keterampilan, dan lain-lain. Sebenarnya siapa saja
orangnya bisa ditauladani. Akan tetapi, yang sering menjadi tauladan itu adalah
ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, dan bundo kanduang. Orang-orang tesebut
adalah orang-orang pilihan adat. Oleh karena itu, mereka harus mampu menjadi
contoh dalam berbagai hal. Bika tidak demikian, maka melekatlah pada mereka
pernyataan “tungkek mambao rabah, paga makan tanaman. Sejauh ini
ketauladanan merupakan cara yang ampuh dalam pelaksanaan proses pendidikan.
Caliak contoh ka nan sudah, caliak tuah ka nan manang. Pernyataan ini
merupakan suatu sikap yang ndak lapuak dek hujan, ndak lakang dek paneh. Dengan
memperlihatkan ketauladan ini diharapkan wanita Minangkabau mampu memperkaya
dirinya dengan aneka ilmu dan agama, sehingga ia tidak akan canggung menghadapi
hidup dan kehidupan ini.
Musyawarah atau
bermusyawarah atau bertukar pikiran juga dapat dijadikan sebagai cara dalam
melaksanakan proses pendidikan. Musyawarah ini dilakukan untuk mencari sesuatu
yang dianggap benar, karena kebenaran adalah sesuatu yang bernilai tinggi dan
dapat dipakai dimana dan kapan saja.
Kebenaran yang hakiki dalam pandangan adat Minangkabau adalah kebenaran yang
datang dari Allah. Dalam pituah adat hal ini dinyatakandengan kamanakan
barajo ka mamak, mamak barajo ka pangulu, pangulu barajo ka nan bana, bana nan
tagak sandirinyo. Dalam bermusyawarah sumbang tanyo dan sumbang jawek harus
dihindarkan, termasuk sumbang kurenah. Dibenarkan basilang kayu di
tungku disitu mako api ka iduik, dalam bermusyawarah. Akan tetapi, silang
pandapek itu tetap dalam koridor kapalo paneh di hati dinggin, buah raso
baok mandaki, buah pareso baok manurun. Semua silang kata dalam
bermusyawarah tersebut tetap dimaksudkan untuk mencari kebenaran. Musyawarah
adalah proses pendidikan yang mampu mencerdaskan intelegensi, emosi, spiritual,
dan kecerdasan daya juang.
Nasehat juga
dipandang sebagai suatu proses pendidikan, Karena ia mampu mentransfer aneka
nilai. Proses pendidikan yang seperti ini sangat sering dialami oleh wanita
Minangkabau. Biasanya nasehat itu diberikan oleh orang-orang yang lebih tua,
misalnya mamak, mande, ayah, ibu, guru, kakak,
penghulu, alim ulama, bundo kanduang, dan lain-lain. Akan tetapi orang
yang lebih kecil pun dapat memberikan nasehat. Yang penting dari semua itu
adalah isi nasehatnya bukan siapa yang menasehati. Namun ada kecederungan bahwa
nasehat diberikan oleh orang yang lebih tua. Proses pendidikan dalam bentuk
nasehat ini, menempatkan wanita yang dinasehati sebagai menerima pesan nasehat.
Melalui proses nasehat inilah segala sesuatu disampaikan agar wanita
Minangkabau dalam setiap dinamika kehidupannya tidak keluar dari rel adat.
Bagarah,
bagurau-gurau
juga dapat dijadikan suatu proses pendidikan bagi wanita Minanagkabau. Dalam
kondisi yang demikian mereka saling mengasah pemikirannya, saling mencemooh,
dan bertukar pengalaman dalam rangka
mematangkan dirinya menuju wanita Minagkabau yang dewasa. Biasanya lokasi yang
sering dijadikan arena bagurau ini
adalah tepian tempat mandi atau surau tempat mengaji, atau halaman rumah ketika malam bulan purnama, atau ketika
malam-malam bainai. Untuk hal-hal keagamaan, proses pendidikan sering dilakukan
dalam bentuk mangaji di surau.
III. PENUTUP KAJIAN
Sumbang,
atau jangga, atau cando seperti yang digambarkan di atas,
merupakan sebagian kecil perilaku yang harus dihindari wanita Minangkabau.
Sebab, perilaku yang demikian dapat merendahkan budi dan bahasa atau indak
bataratik. Bila budi dan bahasa ini tidak dimiliki oleh wanita Minangkabau,
maka kemuliaannya sebagai wanita Minangkabau akan jatuh. Ia akan menjadi wanita
yang hina, wanita yang akan mendatangkan aib dan membuat malu kaum dan
kerabatnya.
Agar
kehinaan itu tidak hinggap pada diri wanita Minangkabau, maka aneka nilai yang
sangat diperlukan dalam kehidupannya, harus mereka miliki. Artinya mereka harus
berilmu, beragama, dan beradat. Tiga hal ini dapat dianggap pilar yang dapat
menempatkan wanita Minangkabau pada
posisi yang terhormat, yang pada akhirnya akan melahirkan generasi muda
Minangkabau yang berkualitas.
Untuk menghasilkan
wanita Minangkabau yang berkualitas itu, pendidikan harus diberikan kepadanya,
Pendidikan yang sering diberikan kepada wanita Minangkabau adalah berguru
kepada alam, Prosesnya dapat dalam bentuk mengamati, ketauladanan, nasehat,
mengaji, danlain-lain.
KEPUSTAKAAN
Amran, Rusli. 1985. Sumatera
Barat: Plakat Panjang. Jakarta: Sinar Harapan.
Arblaster, Anthoni
dan Steven Lukes. 1972. The Good Society. New York: Harper Torchbooks.
Thaib, Darwis Dt. Sid
Bandaro i. 1965. Seluk-beluk Adat Minangkabau. Bukittinggi-djakarta:
Nusantara.
Basa, B. Dt. Nagari.
1966. Falsafah Pakaian Penghulu di Minangkabau. Pajakumbuh. Eleonara
Hanani,
Silfia. 2002. Surau: Aset Lokal yang Tercecer. Bandung: Humaniora Utama
Press.
Kemal,
Iskandar. 1971. “Beberapa Studi tentang Minangkabau”. Padang: Fakultas Hukum
Unand Padang.
Nasrun, M. 1971. Dasar Falsafah Adat Minangkabau.
Djakarta: Bulan Bintang.
Nur, Agustiar Syah.
2002. Kredibilitas Penghulu dalam Kepemimpinan Adat Minangkabau.
Bandung: Lubuk Agung.
Parapatiah, Yus Dt. 2002. Pitaruah Ayah.
Jakarta: Balairong Group.
Suyanto, Bagong.
1996. Wanita dari Subordinasi dan Marginalisasi Menuju Kepemberdayaan.
Surabaya: Airlangga University Press.
Taib,
Gusnawirta dan Abrar Yusra. 2001. Tantangan Sumatera Barat. Jakarta: Citra
Pendidikan. .